Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naskah PIDATO INDONESIA vs PIDATO INGGRIS Download

Pidato Soekarno Th 1946 Pidato sepertinya sudah mulai ditinggalkan banyak anak muda sekarang ini, sejatinya kemampuan berkomunikasi adalah inti yang diinginkan dari sebuah pidato. Banyak fungsi yang terpendam dalam sebuah naskah pidato.

 

Sebagai contoh, untuk mengerakan massa seorang pemimpin atau orator dituntut untuk pandai mengajak dan membakar semangat orang-orang disekitar dengan hanya bermodalkan komunikasi, suara dan titik inti dari tiap-tiap audien yang tentunya mempunyai latar belakang berbeda-beda. Pidato sekali lagi memegang fungsi penting.

 

 

Banyak sudah pemimpin bangsa yang mampu mengubah sejarah dengan menggunakan pidatonya, sebagai contoh Soekarno yang mampu menggemparkan, menyemangati seluruh elemen bangsa dari tingkat terkecil hingga bangsa-bangsa besar lainnya guna mendukung perjuangan bangsa saat itu.

 

 

pidato-presiden-obama-dan-crowd

Lalu tengoklah sejenak ke beberapa hari lalu, bagaimana caleg berpidato, mencoba menggeser keyakinan masa menuju kepada apa yang diharapkan sang caleg dalam naskah pidatonya. Beberapa bulan lewat, kandidat presiden di negeri seberang (US) juga menggelar hal yang sama dalm menarik simpati publik dengan berpidato. Semua kandidat presiden diberikan kesempatan yang sama untuk menggumpulkan suara. Disinilah fungsi pidato, kualitas pidato dan teknik berpidato saling diunggulkan.

 

Penelusuran naskah pidato dalam bahasa indonesia maupun naskah pidato di google.com dan google.co.id menggiring Suster untuk turut mengumpulkannya kedalam satu kelompok tautan. Tautan contoh pidato dibawah ini Suster persembahkan bagi adik-adik remaja yang menghendaki peningkatan kemampuan komunikasi dan pengembangan teknik pidatonya.

 

Seluruh materi pidato dibawah ini dikumpulkan dari berbagai sumber di internet.

 

 

The Picture above was taken from internet too. :)

 

Catatan Kaki:

Lomba pidato juga banyak diadakan yang tidak hanya ditujukan bagi para master pidato, tapi juga untuk siswa-siswai Sekolah Dasar(SD), Sekolah Menengah (SMP), SMA sampai dengan tingkat perguruan tinggi.

Yuk pidato yuk… :)

3 komentar untuk "Naskah PIDATO INDONESIA vs PIDATO INGGRIS Download"

erik244917 24 April 2009 pukul 21.09 Hapus Komentar
wah saya belum pernah pidato, mu belajar nih. makasih infonya... sangat bermanfaat
budiawanhutasoit 24 April 2009 pukul 22.57 Hapus Komentar
saya juga belum pernah berpidato..
rasanya gimana gitu..kalo bicara di depan orang banyak..
salut deh buat orang2 yang bisa berpidato, apalagi tanpa teks..
contohnya Bung Karno..
Sherry's Friend 30 April 2009 pukul 14.17 Hapus Komentar
berpidato emang susah sih... soalnya saya dah sering merasakan gak enaknya ketunjuk buat berpidato, apalagi sering di suruh pake Inggris.
Tambah runyam deh masalahnya.