Asuhan Keperawatan | Askep kenapa mesti Download?

Posted by Suster Gila on Mei 06, 2009

Pagi-pagi selepas jaga malem nongkrong di Ramon Internet Cafe sambil ngopi. Melepas penat dan kantuk semalam tadi. Kebetulan saya duduk di meja operator, kalau melihat lurus kedepan langsung tepat tertuju ke klien no 3. Mereka duduk berdua dalam satu room, sepintas terdengar percakapan atau mungkin keluhan dari sisi sebelah kanan monitor. Mengeluh tentang askep (asuhan keperawatan).

 

“Coba Mas bayangkan, kita kan sudah bayar mahal untuk bisa ikut praktek disini?

Mumet aku mas, masa baru datang sudah disuruh buat laporan kasus pasien gagal ginjal.  Dan kerennya kalau gak ada laporan pendahuluan itu, aku ndak boleh masuk bangsal*? lalu kita mau dapet apa kalau ndak bisa ketemu pasien?

 

Termenung, mendengar dua junior Suster yang sudah pakai papan nama berwarna hijau bercerita askep.

 

Disini sudah pakai Nanda  NIC dan NOC, sementara di kampus kita belum familiar dengan asuhan keperawatan berbasis 3N

 

Tersenyum dalam hati saat ingat dulu Suster juga begitu. Sibuk membuat asuhan keperawatan yang baik dan benar sesuai dengan perkembangan ilmu keperawatan saat itu. Waktu itu belum ada NNN (3N = Nanda, NIC dan NOC) abhkan harus rela mengobrak abrik berpuluh halaman web hanya untuk mendownload askep.

 

Kalau sekarang dipikir lagi, ketatnya institusi Rumah sakit terhadap mahasiswa prakter yang mengharuskan siswa untuk membawa laporan pendahuluan sebelum terjun langsung ke pasien adalah hal yang paling bijaksana. Tidak ada pihak-pihak yang dirugikan. Si Mahasiswa Praktek juga mempunyai bekal, dan si Pasien tidak hanya dijadikan lahan praktek buta. lalu Rumah Sakit (yang dijadikan lahan) yang sudah mempunyai “nama” dan mendapatkan hati di masyarakat bisa sedikit melepas rasa khawatir akibat dijadihan tempat praktek atau magang. Jadi tidak ada pihak yang dirugikan.

Kembali kepada asuhan keperawatan. Bagi masyarakat diluar “perawat” mungkin tidak mengetahui apa itu asuhan keperawatan. Kenapa pula mesti tenggelam dalam asuhan keperawatan dan lain sebagainya.

 

Beberapa contoh asuhan keperawatan akan suster lampirkan disini, antara lain askep diare anak bisa dilihat disini, kemudian sedikit tambahan wawasan tentang Amputasi, lalu asuhan keperawatan diabetes pun dapat di lihat disini.

 

Seperti biasa di bawah postingan Gila ini ada link untuk download hal-hal yang terkait dengan judul postingan ini. Ingat, ini bukan untuk dijadikan rujukan, mahasiswa kreative tidak akan memakan mentah mentah tautan download asuhan keperawatan berikut ini.

 

Asuhan keperawatan CHD dilihat disini, laporan pendahuluan askep luka bakar/combustio download disini, informasi seputar CA Kulit bisa dinikmati disini, tentang askpep cerebro vaskular silahkan download, Asuhan keperawatan ARDS (Acute Respiratory Distress Syndrome) dilihat saja disini. Kemudian penatalaksanaan fracture femur dalam asuhan keperawatan silahkan download disini. Insufficiency aorta disini,

 

Gagal Ginjal Kronis, DM, Osteogenic, Luka Bakar, Leukemia, LP laporan pendahuluan halusinasi, Pirai, Mola Hidatidosa. Tetanus, Pre Eklamsi, RHD, Kolostomi, BP, laporan pendahuluan GOR.

 

….

 

Catatan Kaki:

Asuhan keperawatan Selalu berkembang dari waktu ke waktu, bila ada ketidak cocokan disini, silahkan tinggalkan komentar. Atau mau minta asuhan keperawatan yang lain?

{ 7 Pasien Sudah Sembuh... read them below or add one }

wisata riau mengatakan...

1 2 3 petamaX boleh??? Bolehlah...
hihihi...

Catatan Kaki: Asuhan keperawatan Selalu berkembang dari waktu ke waktu, bila ada ketidak cocokan disini, silahkan tinggalkan komentar. Atau mau minta asuhan keperawatan yang lain?

apa maksudnya nih.,,,,, wakakakak.. *belaga bego..*
Riau Tourism and Travel

kakara mengatakan...

Baru tahu nh Asuhan keperawatan.. dapat ilmu di sini..
TFS Frenz :)

Meryl (proud pinay) mengatakan...

hi have a great day ..

said-hero mengatakan...

Terimakasih bos

pitoewoloe mengatakan...

mantab...

dek_bagoes mengatakan...

asuhan keperawatan,...dapet plajarn baru ni,..

Nursing for Free mengatakan...

mantab boss numpang urun rembug kalau mau askep tidak perlu download cukup tengok aja di sini ... betul..betul..tengok..tengok..tengok