Windows 7

Posted by Suster Gila on Februari 10, 2009





Bill Gates sudah meluncurkan windows terbaru yang katanya merupakan penyempurnaan Windows Vista. Mereka menamai produknya Windows 7 (seven). Jauh lebih ringan dan stabil. Apa iya?

Alhamdulillah Kemarin dapat windows 7 dari bonus DVD Majalah PC-Media. Jadi bisa langsung membunuh rasa ingin tahu ini. Karena penasaran ingin melihat seperti apa operating sistem yang katanya terbaru itu, langsung saya install ke Notebook Acer Aspire 2930.

Installasi berjalan persis seperti instalasi Vista. Baik tampilan maupun seting yang butuh input user. Hanya saja waktu yang diperlukan jauh lebih singkat dibanding saat installasi Vista.
Setelah semua selesai, Windows 7 Ultimate telah bercokol di hardisk notebook Acer As 2930. Tampilannya memang indah, elegan. Pokoknya baru. :)


Permasalahan Pertama muncul saat mencoba memasang beberapa driver hardware. Karena Operating System ini terbilang baru maka beberapa driver tidak bisa masuk karena tidak dapat mengenali operating sistem yang terpasang. Fyuh,..sudah ketar-ketir, takut ndak bisa melanjutkan review dan mesti menginstall ulang ke Windows Vista Home Premium. (bawaan Acer).


Namun Suster Gila tidak patah semangat.. hehehe.. Suster ingat dulu waktu pertama kali migrasi ke XP juga mengalami hal yang sama.


Jadi begini trik yang Suster gila lakukan:



  • Klik kanan Pada aplikasi/installer driver, lalu pilih properties, kemudian pada tab compatibility pilih Windows Vista.

  • Lalu check/centang Run As Administrator.
  • Klik OK

  • Ikuti langkah selanjutnya.

Nah setelah semua driver bisa dimasukan masalah yang kedua muncul. Karena Windows 7 ini adalah versi "For Testing Purpose Only" maka tak ada key yang dibawakan oleh PC-Media. Untuk mendapatkan serial / key dapat didapatkan di http://www.microsoft.com/windows7/ lalu ikuti panduan download yang ada disitu.

Bila tidak bisa memasukan serial/key maka Windows 7 hanya bisa digunakan selama 30 hari. Bila kita memasukan legal Key maka windows 7 dapat kita pakai sampai dengan Agustus 2009. Berhubung koneksi Suster Gila ini pelan, maka kesulitan untuk mendapatkan key dari Microsoft, nah hal inilah yang membuat Suster Gila Googling nyari key-nya. Dari beberapa tempat didapatkan key seperti dibawah ini. Silahkan dicoba sendiri.

*** Demi keamanan dan kenyamanan bersama, Suster Gila memindahkan key ketempat lain.

Nah akhirnya Suster Gila ini bisa mencoba Windows 7 dengan seksama dan dalam tempo seadanya. :)

Selamat mencoba.